Mail Merge adalah Fasilitas dari writter untuk pembuatan surat secara masal .
Mail Merge adalah Penggabungan dua dokumen menjadi satu dokumen .
Mail Merge adalah merupakan salah satu aplikasi dari microsoft word untuk membuat surat dalam jumlah besar .
Di praktikum 4 Penerapan Komputer di bahas tentang Aplikasi pengolahan kata untuk Windows, yaitu Microsoft Word. Inti yang dibahas tentang beberapa fungsi yang ada di Ms. Word :
Mail Merge
Page Break
Table of Content
Equation Editor
Autotext table and Thesaurus
Karna komputer di lab komputer sama di cyber singkkong masih pake Ms. Word 2003 tapi anak-anak udah lumayan banyak yang pake Ms. Word 2007, jadi di praktikum kemaren terpaksa gw bikin slide lagi tentang tahap-tahap di Ms. Word 2007.
Berikut ini reviewnya :
Mail Merge
Terkadang kita perlu bikin surat untuk beberapa recipient yang isi dari suratnya sama. Ato pada kasus pembuatan sertifikat, kita cuma butuh ganti-ganti nama ato statusnya ( Pembicara, MC, Peserta ). Untuk kasus kaya gitu kita bisa pake salah satu fungsi yang disediain Ms. Word yaitu Mail Merge.
Mail Merge atau surat masal adalah sebuah fasilitas dari Word untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat. Secara teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut dikirimkan, kemudian pada proses pengiriman, kedua file tersebut digabungkan.
Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat surat atau dokumen utama terlebih dahulu,
misal membuat piagam penghargaan dengan contoh di bawah ini menggunakan word.
setelah itu buat data datanya menggunakan mc office seperti ini.kemudian untuk memulai membuat Mail merge buka menu
-MAILINGS di mc word yang sudah dibuat tadi
-START MAIL MERGE
-STEP BY STEP MAIL MERGE WIZARD
-NEXT STARTING DOCUMENT
-NEXT SELECT RECIPIENTS
-BROWSER
-setelah itu buka file MC.OFFICE nya
-ok
-ok.
-Stelah itu INSERT MERGE FIELD tempat kan terserah sesuai yang anda buat.Setelah itu PREVIEW RESULTS.
SELESAI
No comments:
Post a Comment